Sunday, April 8, 2012

review - jewel in the palace (dae jang geum)


Title: 대장금 (大長今) / Dae Jang Geum
Also known as: Jewel in the Palace (MBC Global) / Great Jang Geum (lit. translation)
Episodes: 54
Broadcast network: MBC
Broadcast period: 2003-Sep-15 to 2004-Mar-23
Air time: Monday & Tuesday 21:55
Soundtrack: Dae Jang Geum OST

I always try to live without difficuties, but it’s always difficult _Little Jang Geum

SINOPSIS ::
Cerita Jewel In The Palace ini didasarkan pada tokoh sejarah yang diceritakan dalam Catatan Sejarah Dinasti Joseon, yang berpusat pada Jang-geum, dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea.
Kisahnya berlangsung di Korea pada masa Dinasti Joseon, pemerintahan Raja Seongjong, Raja Yeonsan-gun (1494-1506) dan Raja Jungjong (1506-1544). Kisahnya dimulai dengan ibu dari Yeonsan-gun yang masih muda yang diracuni oleh sekelompok pengawal istana di bawah perintah raja. Setelah peristiwa itu, seorang pengawal istana, Seo Cheon-su, yang menyertai kelompok itu, pulang ke rumahnya. Namun ketika dalam perjalanan, ia mengalami kecelakaan dan diselamatkan oleh seorang pertapa Taois, yang mengatakan kepadanya bahwa hidupnya akan berlangsung di sekitar tiga orang perempuan :
1.      Dia akan menyebabkan perempuan pertama meninggal.
2.      Dia akan menyelamatkan perempuan yang kedua tetapi juga menyebabkan kematiannya
3.   Dia akan mati karena perempuan ketiga, tetapi perempuan ketiga tersebut akan menyelamatkan banyak nyawa.

Tekanan batin akibat peristiwa ini akhirnya menyebabkan Seo Cheon-su mengundurkan diri. Di pihak lain, Dayang-Istana Park, seseorang yang sedang belajar di dapur istana, menyaksikan  Dayang-Istana Choi meracuni makanan Ibu Suri dalam sebuah perayaan istana dan ketika melaporkan hal itu kepada Kepala Dayang justru Dayang Istana Park dikenai tuduhan-tuduhan palsu oleh kalangan dalam staf dapur senior dan Kepala Dayang Dapur Istana. Diam-diam Dayang-Istana Park diperintahkan dibunuh melalui prosedur internal mereka. Ia diselamatkan oleh Dayang-Istana Han, teman baiknya di istana, dengan cara menaruh penawar pada racun yang diminumkan secara paksa kepada Dayang Istana Park. Dayang Istana Park yang dalam keadaan sekarat tidak sengaja ditemukan dan diselamatkan oleh Seo yang kini sudah pensiuin. Keduanya pergi untuk hidup dengan rahasia di sebuah desa terpencil, dan menyamar sebagai petani kecil. Mereka menikah dan membesarkan seorang anak perempuan yang sangat cerdas yaitu Seo Jang-geum.

Pada 1504, Yeonsanggun memerintahkan penyelidikan besar-besaran tentang kematian ibunya, dan akhirnya menemukan Seo dan keluarganya, sebagian karena kesalahan di pihak anaknya, Jang-geum. Seo ditangkap dan dapat diduga bahwa kemudian dihukum mati. Jang-geum dan ibunya melarikan diri, namun ibu Jang-geum terluka parah oleh musuh-musuhnya, dan sebelum meninggal dunia ia menyampaikan kepada Jang-geum pesannya yang terakhir. Katanya, apabila ia mau, ia menginginkan Jang-geum menjadi Kepala Dayang di dapur kerajaan dan mencatat kasusnya dalam buku catatan sejarah rahasia kaum perempuan di dapur (dengan maksud membalaskan kesalahan yang dilakukan kepadanya, demi kehormatannya).

Jang-geum mengalami sejumlah petualangan dan berhasil masuk ke istana berkat kedua orang tua angkatnya dan juga pangeran yang kelak menjadi raja. Menempuh pendidikan di istana sebagai calon dayang, Jang-geum besar di istana serta memiliki dua sahabat yaitu Choi Geum-young dan Lee Yeon-seng. Jang Geum mempunyai guru yaitu Dayang Istana Han. Pada masa ia berada di istana, ia mengalami banyak penderitaan dan dijauhi orang karena ia lebih pandai daripada para pekerja magang lainnya. Namun Jang-geum tidak patah semangat dan terus memasak dengan pikiran apapun yang terjadi, tujuannya memasak adalah demi kesehatan dan kebahagiaan orang yang menikmati masakannya. Setelah  melewati berbagai rintangan, sang guru berhasil menduduki jabatan Dayang Utama. Melalui keberaniannya, rasa ingin tahu, bakat, kebaikan, dan kerja kerasnya, ia menolong Dayang-Istana Han (sahabat baik ibunya, yang baru belakangan sekali ia ketahui) untuk menjadi juru masa kepala di istana.
Malangnya, sebuah permufakatan yang dipimpin oleh Dayang-Istana Choi, kemenakannya Geum-yeong, serta para pejabat tinggi dan pedagang yang ingin tetap memonopoli pasar barng impor mengakibatkan Dayang-Istana Han dan Jang-geum dibuang ke Pulau Jeju.  Dayang Choi yang haus kekuasaan akhirnya berhasil menyingkirkan seterunya lewat insiden bebek sulfur yang membuat sakit Raja semakin parah. Kejadian itu membuat Dayang Han dan Jang-geum, yang memiliki talenta diatas rata-rata dalam memasak, harus tersingkir dan dibuang ke pengasingan. Dalam perjalanan, sang guru yang begitu dihormati meninggal dunia. Keruan saja, hal ini membuat gadis itu putus asa dan berulang kali berusaha kabur untuk kembali ke istana.

Tapi, pertemuan dan perkenalan dengan tabib wanita bernama Jang-do kembali mengubah arah hidup Jang-geum. Dasar memiliki bakat luar biasa, ia mulai menerima nasib dan belajar ilmu obat-obatan dengan keras. Hasilnya, gadis itu berhasil kembali ke istana dengan status baru : tabib kerajaan. Ketika kembali, ia mendapati semua sudah berubah : Dayang Choi dan Geum-young telah menduduki posisi puncak (dibantu oleh kaki tangan mereka Yong-ro), sementara Dayang Min dan Ah Jang yang dulu berpihak pada mendiang Dayang Han tersia-sia. Nasib Yeong-seng jauh lebih baik, ia diangkat menjadi selir Raja.
Kembalinya Jang-geum ke istana keruan saja membuat musuh-musuhnya kaget, terutama Dayang Choi yang telah tahu siapa gadis itu sebenarnya. Lewat kerja sama dengan Perdana Menteri dan kakaknya Choi Pan-sool, ia berusaha menyingkirkan Jang-geum dan salah satu pejabat yang karirnya cepat melesat dan bersimpati pada gadis itu Min Jeong-ho. Berkat taktik Jeong-ho, yang ahli strategi, Jang-geum akhirnya berhasil menyingkap kebusukan keluarga Choi sekaligus membersihkan nama mendiang ibu dan gurunya. Keluarga Choi yang telah turun-temurun menguasai dapur kerajaan akhirnya terusir, dan dayang Choi tewas setelah sebelumnya sempat meminta ampun didepan makam Park Myeong-yi.

Intrik ternyata tidak hanya berhenti disitu, Raja yang telah mempercayai Jang-geum (dan belakangan jatuh cinta) mengangkatnya sebagai Tabib Agung. Hal itu sudah tentu mencuatkan protes, sebab dimasa itu tidak ada satu wanita pun yang pernah menduduki posisi puncak. Yang menyedihkan, orang-orang yang sebelumnya menjadi sekutu Jang-geum berbalik melawannya. Meski sudah menjalankan tugas sebaik-baiknya, Jang-geum akhirnya tidak berhasil menyelamatkan nyawa Raja yang telah sakit parah. Di saat akhir, sang Raja mengirimnya keluar dari kerajaan ditemani Jeong-ho karena sadar setelah meninggal tidak ada yang bisa menyelamatkan nasib Jang-geum.

Beberapa tahun telah berlalu, Jang-geum hidup tenang bersama Jeong-ho dan memiliki seorang putri yang sama cerdasnya sambil terus mengobati orang-orang. Hidup sama seperti ayah-ibunya yang jadi pelarian, mereka akhirnya tertangkap oleh para pengawal kerajaan. Namun berbeda dengan sebelumnya, rupanya kesalahan Jang-geum dan Jeong-ho telah dimaafkan.
Reuni antara keduanya dan Permaisuri, Yeon-seng yang telah bergelar selir Soo-waen dan para sahabat lama berlangsung mengharukan. Meski namanya telah dibersihkan dan dijanjikan untuk kembali menjabat sebagai Tabib Agung, Jang-geum akhirnya memilih untuk hidup tenang bersama Jeong-ho dan putrinya di desa sambil menjalankan panggilan hidup yang sebenarnya : mengobati mereka yang membutuhkan.


ih sumpaahhhh!!! iri banget gw ama si raja XD


TOKOH DALAM JEWEL IN THE PALACE ::
Suh Jang Geum : Tokoh utama dalam cerita, ia tidak segan-segan untuk melakukan sejumlah eksperimen dengan bantuan alam untuk mendapatkan hasil terbaik. Dididik dengan keras oleh Dayang Han, Jang-geum tumbuh menjadi gadis yang cerdas dan pintar, serta menjadi teladan kaum wanita dengan membuktikan bahwa lewat kerja keras, hal yang kelihatannya mustahil bisa dicapai. Sama seperti gurunya, Jang-geum memiliki karakter yang lurus dan percaya pada keadilan meski untuk itu ia kerap harus menderita terlebih dahulu.


Min Jeong-ho : Disukai oleh Geum-young, ia adalah sosok pria yang merupakan idaman banyak wanita. Perkenalannya dengan Jang-geum diawali ketika gadis itu merawatnya saat terluka parah dalam pertempuran, sehingga akhirnya memutuskan untuk menjaga Jang-geum sepanjang sisa hidupnya. Bahkan demi cinta tersebut, ia rela melepas jabatan bahkan nyawanya sekalipun, dan tujuan utama dari setiap tindakannya adalah menjaga wanita yang lewat perjalanan waktu akhirnya dicintai dan mencintainya.

Choi Geum-young : Memiliki kepintaran diatas rekan-rekan sebaya, kehidupannya mulai berubah setelah Jang-geum, yang ternyata mampu bersaing, masuk ke istana. Sempat bersahabat dekat, Geum-young akhirnya memusuhi gadis itu karena dianggap merebut Jeong-ho yang dicintainya sejak kecil. Meski kerap mengikuti keinginan Dayang Choi, sebenarnya ia memiliki karakter yang peragu sehingga pada akhirnya sulit memilih antara berada pada sisi kebaikan atau kejahatan.


Lee Yeon-seng : Berbeda dengan sahabat baiknya Jang-geum yang kerap nekat, gadis satu ini memiliki karakter yang lembut dan polos. Hal itulah (ditambah latar belakang keluarga) yang kerap membuatnya jadi sasaran olok-olok musuh besar sekaligus teman sekamarnya Yong-ro. Namun pada akhirnya, kepolosan dan kebaikan hati tersebut yang mengubah jalan hidup sekaligus membawanya ke kehidupan yang lebih baik : menjadi selir Kaisar.


Choi San-gong : Contoh wanita yang rela melakukan segala cara untuk meraih kekuasaan dan kekayaan, Dayang Choi di awal hidupnya memiliki karakter baik serta sempat bersahabat dengan Dayang Han dan Dayang Park. Namun, ambisi keluarganya yang telah turun-temurun mengajarkan akan hal-hal buruk yang membentuk karakternya. Berulangkali nyaris tersandung, kekuasaan yang diimpikan Dayang Choi runtuh, namun sebelum hidupnya berakhir ia sempat bertobat.
Han Ae-jong : Berperan penting atas hadirnya Jang-geum di dunia, Dayang Han percaya bahwa dapur istana tidak boleh dicampuradukkan dengan kepentingan politik. Dalam ilmu memasak, ia hanya bisa disaingi oleh Dayang Choi meski keduanya memiliki teknik yang berbeda. Sosoknya yang tegas, tanpa kompromi dan lurus menjadi inspirasi bagi muridnya, namun disisi lain hal itu pulalah yang membuatnya berseberangan kubu dengan Dayang Choi, dan pada akhirnya membawanya pada kematian meski sempat merasakan jabatan puncak.
(src : wikipedia dan berbagai sumber)


I'm not helping you feel better, am I? When things are good, even bad words sound like encouragement but when things are going bad, I don't know what to say. If I say, "Things will get better," it sounds cliche and if I say, "I'm sorry about that," it sounds like I'm teasing you
_Min Jung Ho - Jewel In The Palace


CAST ::
  • Lee Young Ae as Seo Jang Geum
    • Jo Jung Eun as young Jang Geum
  • Ji Jin Hee as Min Jung Ho
  • Hong Ri Na as Choi Geum Young
    • Lee Se Young as young Geum Young
  • Im Ho as King Jungjong
  • Yang Mi Kyung as Court Lady Han Baek Young (Jang Geum's teacher)
  • Kyun Mi Ri as Court Lady Choi Sung Geum (Geum Young's aunt)
  • Yeo Woon Kye as Court Lady Jung Mal Geum
  • Park Jung Soo as Head Lady Park Yong Shin
  • Park Eun Hye as Lee Yeon Saeng
  • Lee Ip Sae as Yoon Young Ro
    • Kim Han Bi (김한비) as young Young Ro
  • Lee Hye Sang as Jo Bang
    • Kim So Young as young Jo Bang
  • Jun In Taek as Doctor Jung Yoon Soo
  • Kim Do Yun as Shi Yeon
  • Lee Seung Ah as Eun Bi
  • Kim Min Hee as Bi Sun
  • Han Ji Min as Shin Bi
  • Lee Se Eun as Park Yeol Yi
  • Jun Soo Yeon as Cho Bok
  • Kang Jung Hwa as Jo Dong
  • Park Eun Soo as Shin Ik Pil
  • Ji Sang Ryul as Jo Chil Bok
  • Kim Hye Sun as Park Myung Yi (Jang Geum's mother)
  • Park Chan Hwan as Seo Chun Soo (Jang Geum's father)
  • Jo Kyung Hwan as Oh Gyum Ho
  • Lee Hee Do as Choi Pan Sool (Lady Choi's brother)
  • Kim Yeo Jin as Jang Duk (physician lady from Jeju)
  • Maeng Sang Hoon as Doctor Jung Woon Baek
  • Im Hyun Sik as Kang Duk Goo (Jang Geum's adoptive father)
  • Geum Bo Ra as Na Joo Daek (Duk Goo's wife)
  • Shin Gook as Eunuch Jang Beon
  • Choi Ja Hye as Chang Yi
    • Joo Da Young as young Chang Yi
  • Eom Yoo Shin as Dowager Queen Jasun
  • Park Jung Sook as Queen Munjeong
  • Lee Sang Chul (이상철) as Goo Man
  • Kim So Yi as Court Lady Min Mi Geum
  • Na Sung Kyoon as Yoon Mak Gye
  • Baek Hyun Sook as In Dong
  • Jung Ki Sung as Yeonsangun
  • Won Duk Hyun
  • Han Young Kwang
  • Seo Bum Shik
  • Han Young Sook
  • Moon Hoe Won

KOMENTAR ::
I just want to say that this drama is really really really great!!! Tema utama dalam film ini adalah  kegigihan seorang Jang Geum dalam menghadapi hidupnya, keseriusan dan keingintahuannya akan berbagai macam pengetahuan, serta gambaran tentang budaya Korea yang tradisional, termasuk makanan serta obat-obatan istana kerajaan Korea. Well, meski ada unsur politik dalam film ini dimana ternyata masalah yang awalnya kita anggap kecil seperti pasokan bahan makanan ke istana pun bisa menjadi ladang korupsi yang sangat besar bagi pejabat istana yang tidak bertanggung jawab waktu itu (hmmm.. kalau sekarang, jangan ditanya lagi lah ya gimana tingkat korupsi disini *ngelus dada).

Dan saya menyadari satu hal lagi dalam film ini, apa yang kita lakukan harus kita lakukan dengan sepenuh hati, jangan pernah kita mencelakakan orang lain dengan hal yang kita lakukan walaupun orang yang kita hadapi adalah orang yang sangat kita benci. Awal dari film ini memang tentang balas dendam. Mulai dari kejadian ayah Jang Geum yang ditangkap dan dihukum mati, itu karena raja yang bertahta saat itu ingin membalaskan dendam atas apa yang terjadi terhadap ibu kandungnya yang mati dipaksa minum racun. Kemudian sampai kisah Jang Geum yang ingin balas dendam untuk kedua orang tuanya. Tetapi bagusnya akal sehatnya ternyata lebih berkuasa daripada perasaannya. Dan kemudian dia berhasil menghilangkan rasa dendam di hatinya dan melakukan semuanya dengan pemikiran yang dalam. Dan akhirnya, yang benarlah yang selalu menang.
Sangat menyenangkan untuk ditonton. Karena dalam film ini Jang Geum tak pernah diam saja jika terdapat sesuatu hal yang menimpanya atau orang-orang terdekatnya. Dia akan berusaha keras mencari tahu dan mencari kebenaran dari semua hal-hal yang sekiranya dapat mengancamnya dan orang-orang terdekatnya tersebut.
Banyak banget adegan yang bikin anda bisa nangis bombay T___T *i'm totally serious!!
And finally, i really love this korean drama!! Not just about love but it’s about life. No kissing scene but this drama really sweet. I really love how Jang Geum and Jeung Ho romance goes.. Maybe it’s too old but i don’t know, i just think that they are really sweet couple... Aaarrgghhh i love this korean dramaaaaa!!! Drama ini sudah jadi favorit saya sejak diputar di tipi ikan terbang hihihihihihi ;)





Jang Geum : You have to give up everything for me. Is that OK? You have to live as a peasant because of me. Is that OK? You have to touch dirt with hands that used to hold a brush. Is that OK? We may barely manage to survive only on plants. Is that OK?
Min Jeung Ho : How many more promises should I make in order for you to leave with me? It's allright. I'm OK with all of that
Jang Geum : Eventhough it's all because of me?
Min Jeung Ho : That's why I'm OK

KYAAAAA!!! Don't you think they are so sweet???!!! =">

Dan entah kenapa disini saya suka banget ama permaisuri, cantik bangeeeet!!!! Okay, permaisuri raja mana ada sih yang gak cantik??!!!! *doeeeng


P.S : Saya pikir anda bakal iri pada sang Raja dan pengen nyobain masakan Korea kalo nonton film ini..  hmmmm looks yummy :9

16 comments:

  1. Replies
    1. say, aku ndak ada yang mau motoin T.T

      Delete
  2. wuih jang geum ada lagi.. bakal seru nih

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kapan tayang lagi? ga sabar neh pengen cpt2 nonton

      Delete
    2. @sesty : hahahaha, iya, andai film ini tayang lagi, aku jg pengen nonton XD

      Delete
  4. Nice post dear! Me likey ^^ You have a great blog, mind to follow each other? :)

    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | SHOP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u so much dear ^^
      I'm your follower now, wait the same from you :)

      Delete
  5. I love janggeum so much !!! Drama ini memberikan saya motivasi & inspirasi untuk senantiasa bersikap lurus, berbuat kebaikan, bekerja keras dan terus belajar. Nice post ^.^ kereeen (Dwieee d'Makassar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I do tooo!!! \\(^.^)//
      Bener banget, film Jang Geum ini emang memotivasi banget :)

      Delete
  6. izin copy data ya,, buat tambahan refrensi,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh silahkan :)
      i would more appreciate it if you enclose the credit for me :)

      Delete
  7. drama korea yang pertama yang aku tonton pas kelas 5 sd
    suka banget sama ini film sampai sekeluarga nonton semua.,film ini kan ya yang membawa kebudayaan korea sampai luar negeri....sejauh ini film saeguk yang aku sukai baru jewel in the palace, the great queen seondeok dan dong yi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip bener banget, saya juga tertarik nonton yang berbau saeguk karena drama Jang Geum ini awalnya ;)

      Delete