Wednesday, February 23, 2011

review - sungkyunkwan scandal

Kemaren sore saya baru saja menamatkan film korea yang berjudul "Sungkyunkwan Scandal". Dan menurut saya, ini film bagus, yah, okelah, kalau anda sudah tahu sebelumnya, ini lumayan seperti tipikal2 film korea yang lain sebagainya itu :P
Bagaimana inti ceritanya??
Sebenernya, saya juga bingung sendiri kalau ditanya tentang inti cerita dari film yang setiap episodenya berdurasi kira-kira satu jam ini. Saya serius sudah menonton 20 episode itu tanpa ada acara saya "skip2" segala, tapi entah kenapa sampai akhir cerita saya gak begitu ngerti apa sich sebenernya inti dari film ini (kecuali masalah cinta)... Bahkan saya agak blank, karena menurut saya pembahasan dari film ini tidak jelas :D

Menurut saya, sinopsis dari film tersebut dapat dipersingkat seperti di bawah ini :

Kim Yoon Hee adalah seorang gadis yang harus rela menyamar menjadi seorang laki laki dan menjadi tulang punggung keluarga untuk mencari nafkah dan jg mencari biaya untuk biaya pengobatan adik laki lakinya yang sakit, Kim Yoon Shik. Ayah Kim Yoon Hee sudah meninggal dan karena pada jaman itu ceritanya gadis tidak boleh belajar seperti layaknya laki-laki, maka Kim Yoon Hee pun meminjam identitas si adik untuk mendapatkan pekerjaan di toko buku (jaman itu kayaknya Raden Ajeng Kartini belom lahir deh, jd belom ada emansipasi wanita gitu :D).
Kemudian karena terlibat hutang yang lumayan besar maka Kim Yoon Hee pun nekat menjadi joki dalam tes masuk sekolah Sungkyunkwan yang sangat terkenal dan merupakan sekolah favorit Raja dalam memilih pejabat-pejabat kerajaan (makanya tes masuknya susah gitu deh cuy, oiya dan gak sembarangan orang bisa masuk juga, selain pintar juga biasanya anak-anak orang kaya :D).
Disitulah dia bertemu dengan Lee Seon Joon yang idealis dan pintar (perfeksionis, sangat menjunjung kebenaran, bukan pembangkang dan selalu taat pada aturan, capek deh =.=) yang dengan sengaja memaksa Kim Yoon Hee (yang sedang menyamar menjadi Kim Yoon Shik) untuk mengikuti tes masuk Sungkyunkwan.
Singkat cerita, si Kim Yoon Shik gadungan ini akhirnya (dengan terpaksa) masuk ke Sungkyunkwan dan menjalani hari-harinya di Sungkyunkwan dengan berbagai aktivitas perlombaan yang berbeda-beda. Tentu saja cerita dia tidak mulus begitu saja karena dia selalu berhadapan dengan Ha In Soo (mirip ketua BEM atau ketua OSIS gitu ceritanya :D) dan juga perbedaan kelompok (mungkin seperti kasta, golongan atau asal muasal seseorang) dan tentu saja untuk menutupi rahasia terbesarnya (dia perempuan, kan tadi saya sudah menyebutnya :D). Tapi untung saja ada Lee Seon Joon, Gu Yong Ha si cerdik nan tampan dan Mon Jae Shin si keren Hyong Buk Seo (red messenger) yang selalu membantunya. Sampai akhirnya, Kim Yoon Shik gadungan, Lee Seon Joon dan dua seniornya  tersebut yaitu Gu Yong Ha dan Mon Jae Shin dijuluki Jalgeum Quartet.
Singkat cerita lagi si Mon Jae Shin sudah tahu kalau ternyata si Kim Yoon Shik gadungan adalah seorang perempuan, mulai suka padanya. Sedangkan Lee Seon Joon yang belum mengetahui rahasia tersebut, merasa dia tidak normal (baca : homo). Karena perasaan sukanya pada Kim Yoo Shik yang dia ketahui sebagai seorang laki-laki tidak terbendung lagi akhirnya dia memutuskan untuk bertunangan dengan Ha Hyo Eun (adik perempuannya Ha In Soo). Tapi setelah Lee Seon Joon Tahu bahwa Kim Yoon Shik gadungan ini perempuan kemudian terjadilah cinta segitiga antara Lee Seon Joon, Kim Yoon Shik gadungan dan Mon Jae Shin dalam film ini(sebenarnya segi-enam karena masih ada Cho Sun, Ha In Soo dan adek Ha In Soo, Ha Hyo Eun ). Sementara si tampan Gu Yong Ha yang juga MUNGKIN sudah tahu, cuma memperhatikan bagaimana tingkah mereka sambil sesekali menggoda nakal dengan segala kecerdikannya.
Kemudian tiba-tiba saja, cerita ini berubah menjadi ke arah politik karena raja memberikan perintah rahasia untuk menemukan Geum Deung Ji Sa yang dipercaya dapat menciptakan negara Joseon menjadi negara yang baru pada Jalgeum Quartet. Geum Deung Ji Sa ini adalah berupa wasiat dari mantan raja yang dahulu telah turun tahta namun berusaha dihilangkan karena dianggap akan merugikan suatu golongan tertentu jika tersebar. Dan dari sinilah terkuaklah berbagai cerita Jalgeum Quartet dan hubungan perintah raja tersebut itu dengan orang tua mereka masing-masing.

Cast Pemain Sungkyunkwan Scandal  (hanya pemain utama) :
- Micky Yoochun sebagai Lee Seon Joon
- Park Min Young sebagai Kim Yoon Hee
- Song Joong Ki sebagai Gu Yong Ha
- Yoo Ah In sebagai Mon Jae Shin
- Seo Hyo Rim sebagai Ha Hyo Eun
- Jun Tae Soo sebagai Ha In Soo
- Kim Min Seo as Cho Sun


Menurut saya (saya disini berbicara sebagai penonton, jadi tolong diingat bahwa penilaiannya bersifat subjektif, tidak sama ya sudah, sama ya bagus :D ) :
Film ini bagus sih ceritanya, yah kayak film2 lain dimana seorang perempuan menyamar menjadi laki-laki. Overall, benar-benar bagus karena saya memang suka menonton film dengan setting kerajaan atau cerita masa lampau (walaupun saya masih lebih suka menonton Jewel In The Palace hehehehe).
Dan bukan cuma ceritanya, lokasi-lokasinya, akting para pemainnya, kostum yang digunakan, aksi laganya, peralatan dan juga lain sebagainya, menurut saya benar-benar total dan bagus (oiya soundtracknya juga bagus dan tentu saja Gu Yong Ha a.k.a Jong Ki-nya cakep sedangkan Mon Jae shin nya keren pisan :p)

Saya cuma sedikit sebal saja sama akhir endingnya :
1. Oke, saya ngerti kalau cerita ini tentang kisah percintaan si Lee Seon Joon sama Kim Yoon Hee (bahkan sudah bisa ditebak dari awal pertama), tapi di gambarnya aja keliatan kalau Gu Yong Ha dan Mon Jae Shin itu juga termasuk peran utama (well, namanya juga Jalgeum Quartet). Tapi yang saya lihat di episode terakhir sungguh tidak adil sekali... Lee Seon Joon dan Kim Yoon Shik sudah menikah, Mon Jae Shin lumayan sudah terlihat akan mempunyai pasangan baru sedangkan Gu Yong Ha? masak iya dia terlunta lunta sepanjang hidupnya tak punya pasangan tetap (walaupun disitu emang ceritanya dia playboy tapi kan......). Butuh Season 2 kalau kayak gini caranya (atau setidaknya SP).. ayo penggemar Gu Yong Ha dan Mon Jae Shin demo kita!! :demo:
2. Oke, sekali lagi saya ngerti kalau cerita ini tentang kisah percintaan si Leo Seon Joon sama Kim Yoon Hee, tapi apa salahnya sih cerita selain si Jalgeum Quartet juga dilihatin akhirnya gimana. Misalnya kayak Ha In Soo dan Cho Sun. Saya tau si Ha In soo itu emang jahat (tapi dia cakep, saya serius), manusia mana sih yang gak punya sifat jahat, kemudian apakah orang jahat gak boleh merasa bahagia? Lagipula Cho Sun kasian sudah ditipu sama Kim Yoon Hee, well, perempuan itu patah hati pada seorang perempuan yang menyamar sebagai laki-laki. Apa salahnya sih mereka diperlihatkan mendapatkan kebahagiaan yang sama?
3. Kemudian gimana juga nasibnya Ha In Soo dan Ha Hyo Eun setelah ayahnya dipenjara. Menurut saya terlalu kejam kalau Ha Hyo Eun yang patah hati dan disia-siakan oleh Lee Seon Joon itu tidak diperlihatkan bagaimana dia menghadapi hidupnya setelah ayahnya dipenjara? Kasian kan, waktu ayahnya berbuat kejahatan waktu itupun dia kan belum lahir =.=
4. Kemudian, di belakang cerita tersebut diperlihatkan bahwa Mon Jae Shin yang menjadi polisi pemerintahan (mungkin) menangkap siswa SungKyunkwan yang menulis puisi dan menyebarnya seperti yang pernah dia lakukan dahulu. Dan bahkan dia sempet mengkoreksi apa yang ditulis siswa perempuan tersebut (kayaknya sudah ada persamaan gender), dan sempet bertanya-tanya kenapa puisi yang ditulis banyak kesalahannya. Halo Mon Jae Shin yang keren, tolong datangi Sung Kyu Kwan dan liat apa yang terjadi, dua dosen mereka (baca : Lee Seon Joon dan Kim Yon Hee) lebih asik dalam urusan rumah tangga mereka sendiri (kalau siang mereka ribut memperjuangkan harga diri di depan murid2 dan kalau malam.... *ups silahkan tonton sendiri saya malas menyebutnya =____=
5. Well, dengan menemukan Geum Deung Jisa, Kim Yoon Hee dapat lebih mengenal sosok ayahnya, Jalgeum Quartet jadi mengetahui tentang kejadian 10 tahun silam, dan sang raja dapat menuntaskan ambisinya, tapi tetep saja saya masih gak ngerti untuk apa mereka capek2 menemukan Geum Ddeung Ji Sa kalau akhirnya benda itu dibakar, ada yang bisa memberitahu saya????? :histeris:


Tapi walaupun saya agak sedikit sebal, setidaknya film ini berhasil membuat saya :
1. Semakin jatuh cinta pada Jong Ki oppa ^^ ... karakternya disini pun asik punya, cerdik, santai, setia kawan, penyelamat yang tiba-tiba datang, pemberi cinta dan semangat, pengamat sejati di pinggiran, dia sungguh manusia penggoda yang jago bikin deg-degan :OhMyGod:
2. Jatuh cinta secara tiba-tiba kepada Mon Jae Shin yang suka memberontak , yang rambutnya berantakan, yang hidup bebas tapi bertanggung jawab, yang kurang bisa berekspresi namun mempunyai tatapan mata yang sangat lembut, yang bisa menjaga rahasia orang lain dan melindungi dari kejauhan, yang jago berkelahi dan bisa terbang terbang (anggap saja yang ini juga serius hehehehehe)
3. Merasa kesel setengah mati sama Lee Seon Joon yang bersikap sangat perfeksionis, oiya saya juga sempet merinding gara-gara dia mengira kalau dirinya maho dan tidak bisa membendung perasaan cintanya itu =____=
4. Merasa cemburu pada Kim Yoon Hee, karena dengan menyamar sebagai laki-laki dia bisa dekat2 dengan Gu Yong Ha dan Mon Jae Shin :ngakak:
5. Ingin melihat Ha In Soo tersenyum dengan tulus sekali saja, sekali saja gapapa  deh oppa :">
6. Penasaran dengan isi buku-buku yang ada di perpus Sungkyunkwan.. Apakah sama isinya kayak lembar-lembar kertas full English yang malas saya sentuh ini :ohno!!:

Dalam film, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dalam menilai dan menyelesaikan permasalahan kita tidak boleh hanya melihat dari luar saja, tapi juga perlu memahami dengan lebih dalam sebelum mengambil keputusan... Oiya, saya juga baru tahu dalam film2 semacam ini istilah "Love has no boundaries" itu sangat berkuasa dan benar benar ada.... :P (yaoi yuri ahahahahaha)
Dan satu hal lagi, saya tetap suka bagian Kim Yoon Hee menyamar jadi laki-laki, kenapa? dengan begitu dia melanggar peraturan (kalo terpaksa).. well, peraturan kan dibuat untuk dilanggar (kalo terpaksa).. film ini pun juga sependapat dengan kita teman-teman... siapkan keadaan "kalau terpaksa" ... ayayayayayayaiiii \(^0^)/

Sungkyunkwan Scandal : Lee Seon Joo, Kim Yon Hee, Gu Yong Ha, Mon Jae Shin versi rapi
Jalgeum Quartet : Mon Jae Shin, Lee Seon Joon, Kim Yon Shik gadungan, Gu Yong Ha
Si cedik nan tampan GU YONG HA \\(^o^)// .. sarangheeeeeeyoooooo!!! ^^
Ha Hyo Eun, awalnya saya pikir cewek imut ini bakal cocok kalo dipasangin ama Gu Yong Ha :)

Tapi ternyata pasangan Mon Jae Shin dan Gu Yong Ha lebih cocok kayaknya XDD

Mon Jae Shin sangat keren dengan rambut panjang dan berantakannya.. love you oppaa :p



si cakep Ha In Soo, senyum dong mas nya ;)

Lee Seon Joon
Kim Yoon Shik gadungan alias Kim Yoon Hee

Cho Sun, cantik banget, pas banget buat Ha In Soo :)

Bonus Picture ::
"Na... Gu Yong Ha da.... " X)

 Pesan Mon Jae Shin (kakak Mon Jae Shin sebenarnya) di film ini ::


Don’t cry all the time, If you keep doing it, It will become habit
Don’t lie, If you keep doing it, It will become a habit
Don’t run away, If you keep doing it, It will become a habit
I kept repeating his words and one day it became my habit

2 comments:

  1. YA! Mimin! Goo Yong Ha mah.. Gak usah punya pasangan.. Dia kan udah sama aku min.. Wakakakakak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk XD *tambah saingan dong saya nanti #eh

      Delete