Friday, February 10, 2012

Donat The Explorer


Hari ini saya tidak ada kegiatan sama sekali setelah kemarennya sempat keluyuran di Jakarta selama beberapa hari bersama salah satu teman terbaik saya.  Dan sewaktu berada di Jakarta, saya dan teman saya mendapat sebuah pengalaman berharga yang sebelumnya tidak pernah kami dapatkan di ibukota Indonesia tercinta tersebut. Pengalaman yang pertama adalah makan tahu campur khas Jawa Timur (0.o). Dan pengalaman berharga kedua yang saya petik adalah kalau saya bengong dikit disini, bisa-bisa nyawa saya melayang disini (O.o) ,  makanya mau tidak mau selama keluyuran di Jakarta saya harus mengejar lampu merah. Hidup lampu merah!!!!! Hidup!!!

Dan hari ini saya benar-benar tidak ada kegiatan sama sekali. Saya masih malas2an di kost temen sambil baca buku Raditya Dika ‘Manusia Setengah Salmon’ sampai tiba-tiba aja teman saya nyeletuk dan membubarkan konsentrasi saya.
“Eh, nongkrong yuk?” ajaknya sembari sibuk Twitteran.
“Nongkrong? Dimana?”
“Itu tadi, yang donat madu, yang baru aja buka di deket gerbang kampus.”
“Ayooo!” jawab saya dan bergegas mandi.
Kemudian setelah selesai bersiap-siap, saya dan seorang teman melihat-lihat beberapa online shop yang ngejual tas ransel *kebetulan lagi pengen banget beli tas ransel, jadi selama temen yang satunya lagi mandi, kami yang nungguin nyempet2in browsing tas ransel yang kece2 hehehe (>.<)...  Akhirnya kami bertiga pun langsung capcus ke Ventura tempat si donat madu berada. Dan entah kenapa saya tiba-tiba merasa seperti Winnie The Pooh yang sedang melanglang buana memburu madu. Sejak kapan Winnie The Pooh melanglang buana? (O.o)

Setelah sampai di tempat, tanpa basa-basi kami pun langsung memesan donat madu yang menarik perhatian kami masing-masing. Saya memesan donat madu blueberry dengan toping es krim Cheery Balsamic (intinya yoghurt). Tempatnya cozzy banget dan asyik buat nongkrong... dan pacaran *gara2 ngeliat ada yang mojok hahahahaha :p ... Saya pikir lumayan juga di deket kampus nan terpencil ini ada yang bikin cafe kayak gini.. kreatif.. Dan pas dilihat-lihat, yang punya ternyata senior saya satu jurusan walaupun saya gak kenal, good joblah, jadi pengen punya bisnis juga nih :D
Dan pesenan pun dateng...


Dan beberapa menit kemudian, lenyaplah si donat-donat madu dari piringnya :D

Serius, donatnya enak, gak kalah lah dari donat2 yang brabded alias udah terkenal, murah lagi soalnya 1 donat cuman seharga 3000 rupiah :D *weitz dapet apa ya gue kalo promosi gini wkwkwkwkwkwk :p
Dan kebetulan, habis dari cafe itu saya emang berniat mau pulang ke kost adek yang ada di Dago dan karena adek saya yang ini suka makan donat, saya pun membeli beberapa donat sebagai buah tangan :D.. Itu cerita tentang donat, cerita tentang the explorer itu baru dimulai dari sini.

Karena bawaan saya yang cukup banyak dan juga berat, maklum kan kemaren baru aja keluyuran dari Jakarta hehehehe, saya memutuskan untuk naek angkot oranye yang ngelewatin kampus karena kalo naek angkot yang ini bisa langsung naek jurusan Dago jadinya cuman pindah angkot 2 kali. Soalnya kalo naek angkot dari depan gerbang kampus pindah angkotnya bisa 3 kali. Sebenarnya lebih cepat kalo pindah angkot 3 kali tapi males banget angkat2 barang bawaan saya ini. And well, 2 teman saya menemani saya nungguin angkot oranye yang notabene emang setengah jam biasanya cuman muncul 1 kali karena emang track angkot oranye ini sangat jauh. Tetapi saat itu, agak lama juga saya nunggu angkot oranye dan saya sudah hampir putus asa. Ketika memutuskan untuk naek angkot ke depan gerbang kampus, salah satu teman saya bilang kalo nunggu aja dulu sebentar dan wow sebentar ditunggu ternyata dateng juga si angkot oranye :D

Kemudian setelah bersay’bye’ pada dua sahabat saya, berangkatlah si angkot oranye ini. Dan seketika itu juga perasaan saya berubah menjadi agak gak enak. Di dalam angkot ada penumpang sih, seorang ibu beserta anak kecilnya yang kayaknya seumuran anak kelas 1-3 SD dan bayinya.  Tetapi entah kenapa perasaan saya mengatakan akan ada sesuatu yang terjadi.
Belum lama saya berada di angkot dan ketika melewati persawahan tiba-tiba ibu dan anak-anaknya itu turun. Dan itu artinya : saya sendirian di angkot. Tiba-tiba ingatan saya kembali ke kira-kira 1,5 tahun lalu ketika ada teman bercerita mengenai hantu wanita yang katanya langganan naek angkot ini kalo malam. Saya bergidik dan berusaha melafalkan doa-doa yang saya hapal dan berharap tidak ada wanita yang memakai pakaian merah, sepatu merah dan payung merah yang sedang berdiri, menunggu di tepi jalan, menunggu saat-saat untuk bisa naek ke angkot oranye.

Dan tiba-tiba saja sesampai di gang perumahan kecil si sopir angkot bertanya pada saya.
“Neng mau turun dimana?”. Deg. Pertanyaan si bapak supir angkot bikin hati saya agak mencelos.
“Di kalapa pak. Emang kenapa? Bapak mau kemana?” tanya saya agak khawatir.
“Bapak mau pulang neng, tapi gak ada angkot lagi setelah angkot ini.”
Yes. IT’S THE WORST CASE yang gak pernah saya pikir sebelumnya... SAYA AKAN DITURUNIN DI TENGAH JALAN!!! OH MY GOD \\(>.<)//... Kalo disini jalan raya saya sih gakpapa, kalo disini banyak angkot saya sih gakpapa, kalo disini ada teman saya sih juga gak papa.. Tapi saya sendirian, dan ni jalanan udah jauh banget dari jalan raya, sepi banget lagi.

Si bapak sopir angkot sepertinya tahu kalo saya mendadak galau dan cuman terdiam sambil terus menyetir. Sementara saya sibuk memutar otak gimana caranya saya bisa sampai di Dago. Sempet terpikir untuk meminta jemput salah seorng teman karena saya pikir ini belum jauh-jauh amat dari kampus. Tapi nggak, nggak dan nggak. Katanya pengen backpacker. Katanya mau travelling. Masak cuman kayak gini aja gak bisa pulang ke kost sendiri, di kota tempat saya kuliah pula. Saya pun mengurungkan niat. Saya harus pulang sendiri, harus bisa. Bagaimanapun caranya. Meski harus melewati lembah dan mendaki gunung *lebay...
Dan tiba-tiba di pertigaan jalan gang si supir memanggil seseorang. Oh ternyata disitu ada beberapa motor, pangkalan ojeg! Seru saya dalam hati. Dan bak dipanggil seorang jendaral, seseorang yang membawa motor kemudian langsung siap sedia dan sudah berada di belakang angkot.
“Neng, neng naik ojeg yang di belakang ya biar nanti dianterin ke jalan raya. Ntar kalo udah sampai jalan raya, nyebrang ya neng, terus naek angkot yang jurusan Kalapa”
Dengan terharu karena ternyata si  bapak sopir angkot masih memikirkan nasib saya, saya pun mengucapkan terimakasih dan bersegera hendak membayar angkot.
“Gak usah bayar bapak neng. Bayar ke tukang ojegnya aja nanti 2ribu.”
“Eh tapi kan saya udah naek angkot pak, masak saya gak bayar sih pak?”
“Iya gak usah neng, soalnya gak nyampe Kalapa.”
“Beneran ni pak?”
“Iya neng.”
“Makasih ya pak.”

Dan setelah berpamit dengan si bapak supir angkot, saya, dengan tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi pun menghampiri si tukang ojeg. And well, berangkatlah kami. Dan terus terang saya gak tau ni tukang ojeg LEWAT MANA, dan saya pun pasrah, saya hanya berharap tidak dibawa ke Jakarta (masak baru pulang Bandung musti balik Jakarta lagi -___-). Percaya ajalah ama si tukang ojeg bakal bawa saya ke jalan raya.
Tak berapa lama pun saya sampai ke jalan raya. Seneng banget rasanya bisa lihat jalan raya!! Setelah membayar tukang ojeg, saya pun berusaha mengenali tempat itu, tapi sayang sekali saya sama sekali tidak mengenali tempat itu. Kalau bisa joged2 di tengah jalan karena depresi, kayaknya saya bakal ngelakuin itu. Dan dalam kebingungan yang amat sangat karena buta tempat ternyata jalan raya itu sangat ramai dan saya cuman bisa melongok ke kiri dan kanan berharap tiba2 si komo lewat dan jalanan jadi sepi mendadak. But well, hal itu tidak akan terjadi karena saya tidak hidup di jaman ketika Dinosaurus masih bertahta dan menjadi penguasa.  Tetapi kemudian tiba-tiba saja ada satpam menghampiri saya *kasian kali dia liat saya, bawaan banyak, kayak orang linglung ckckckckck.
“Neng, mau nyeberang?”
“Iya pak.”
“Ayo neng, sama Bapak.”
Dan dengan bantuan dari pak satpam itu berhasillah saya menyeberang dengan selamat. Alhamdulillah. 

Selesai berterimakasih akhirnya saya pun bertanya pada pak satpam bagaimana caranya saya bisa sampai ke Kalapa. Ternyata harus naek angkot ijo yang jurusan ke Kalapa. Nah pas nunggu angkot itu saya nunggu tepat berada di bawah pohon. Pas nunggu saya ngerasa gak betah lama-lama di tempat itu. Ada bau yang busuk yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata.Untung saja saya tidak pingsan tadi itu gara-gara bau busuk yang saya tak tau darimana datangnya itu. Dan tiba-tiba saja seorang bapak2 yang sedang duduk di pinggiran warung yang mungkin sudah melihat dan mendengar ketika saya bercakap-cakap dengan pak satpam tiba-tiba menegur saya
“Neng nunggu angkotnya jangan disitu.”
“Kenapa pak?”
“Di pohonnya banyak sarang burung, takutnya nanti neng kena kotoran burung.”
Whaaaaat!!!???? Jriiiiiit...... Jerit gue dalam hati... Ternyata ini toh yang bikin tempat ini bau busuk... Sambil menjauh dari tempat terkutuk itu saya pun meraba-raba jilbab dan pakaian saya.
“Wa makasih pak, untung saya belum kena satupun.”
Bapak itu pun ketawa dan bertanya “Neng mau ke Kalapa?”
“Iya pak..”
“Ntar naek  angkot ijo yang ada kuningnya neng, oh itu neng ada,” kata si Bapak sambil menunjuk ke sebuah angkot yang kemudian berhenti depan kami. “Ke kalapa kan a” tanya si Bapak pada supir angkot
“Iya Pak.”
“Makasih pak.”
“Iya neng.” Setelah berterimakasih saya pun langsung masuk ke dalam angkot.

Alhamdulillah Ya Allah... waktu saya tersesat di tempat yang saya sama sekali gak tau arah dan gak familiar, saya dipertemukan dengan orang yang baik-baik *terharu sambil nangis bombay di dalam angkot.
Perjalanan angkot ini lama banget. Dan saya melewati jalan-jalan yang sama sekali tidak saya kenal. Satupun. Dan setelah sampai ke Kalapa saya pun akhirnya naek ke angkot jurusan dago. Walaupun si bapak supir angkot ini nyetirnya pake ngegas ngerem gak jelas sampai ngebuat saya sepertiga mabok tapi alhamdulillah saya sampai juga di kost-an jam 20.20 .. Satu hal yang bisa saya petik lagi hari ini : jangan pernah naek angkot oranye lagi kalau sudah jam 6 ke atas hahahaha...

Dan donatpun sampai di kost dengan selamat setelah melalui petualangan yang tak terkira malam ini. Selamat donat! Kamu banyak bertemu dengan orang baik malam ini!! :D


8 comments:

  1. beh, serem juga kak perjalanannya
    kalah Dora the Explorer
    hhi
    tapi ga papa tau kak gak usah bayar angkotnya, emang namanya juga gak nyampe tujuan .. gua aja gitu kak kalo naek angkot gak nyampe ngapain gue bayar *guaemangpelit
    wkk
    selamat kak atas donatnya ..
    hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih :)
      si Dora kalah ama Donat, bisa bikin acara baru di tipi deh :D
      Hahaha... pengalaman pertama naek angkot tapi gak sampai tujuan, untungnya g ketemu yang aneh2 di daerah persawahan itu =.=

      Delete
  2. waaa selamat yach donat akhirnya bisa dimakan juga dengan utuh... hehehehe...!!!! semua manusia pasti punya sisi baik dan buruk sob...!!! tapi dijakarta ganas yachsob...??? bnyak yach orang yang ngak baik sob...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makasih teman, akhirnya donat selamat :)
      bener, kita emang kayak koin, punya 2 sisi *atau dadu punya 6 sisi wkwkwkwkwk
      tergantung jg sih orang2 disana, yang ganas itu lalu lintasnya (O.o) .. gak bisa nyebrang hahahaha

      Delete
  3. Ada sesuatu untuk sobat... semoga bisa dijemput dan diterima dengan senang hati...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa... makasih banget sobaaaat ^^... mohon bantuan harus digimanain ya awardnya *maklum, saya orang awam hehehehehe :p

      Delete
  4. waa ..
    keren mbak ..
    liat gambar nya jadi lapar mbak ..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ^^
      hahaha, jangan2 gara2 lapar langsung beli donat haha :D

      Delete