Monday, August 29, 2011

Mengapa Laki-laki dan Perempuan Berbeda???

Banyak orang yang meyakini bahwa perempuan lebih memperhatikan hal-hal detail dibanding llaki-laki. Benarkah??
Sebenarnya banyak hal-hal lainnya yang menunjukkan perbedaan cara pandang antara pria dan wanita dalam menanggapi sebuah masalah. Biasanya perempuan cenderung lebih ekspresif mengungkapkan perasaan. Diantaranya :

1. PEREMPUAN LEBIH EKSPRESIF DIBANDING LAKI-LAKI
Neuropsychiatrist Louann Brizendine, MD, menjelaskan bahwa perempuan memiliki jaringan saraf lebih banyak 11 persen di bagian pusat otak kreativitas dan bahasa, jika dibandingkan dengan laki-laki. Perbedaan ini berawal dari proses kehamilan. Pada janin laki-laki, pembentukan testosteron menghambat pembentukan jaringan saraf di bagian otak tersebut. Itu mengapa, saat anak perempuan berusia 2 tahun, kemampuannya mengingat kata-kata lebih baik dibanding laki-laki. Dan kalau diperhatikan, anak perempuan lebih senang bermain dengan anak perempuan karena merasa memiliki kesamaan daya tangkap bahasa. Bagi kita yang sudah dewasa, kondisi ini membuat perempuan lebih ekspresif ketimbang laki-laki. Alhasil, ketika kita mencurahkan seluruh isi hati, tidak jarang laki-laki mempersepsikannya sebagai 'tangisan' perempuan. Brizendine menyarankan kita untuk tidak terlalu asyik curhat ketika ada masalah karena hal ini membuat perempuan lupa untuk melibatkan laki-laki dalam persoalan yang dihadapi bersama karena hal itu dapat menyebabkan perempuan hanya ingin didengarkan.

2. PEREMPUAN MENGINGAT DETAIL SETIAP PERASAAN YANG DIRASAKANNYA, SEDANGKAN LAKI-LAKI TIDAK
Bagian otak yang mengatur daya ingat dan emosi pada perempuan ternyata lebih besar daripada laki-laki. Itu mengapa perempuan memiliki 'pusat data' segala peristiwa lengkap dengan apa yang dirasakan ketika itu. Sedangkan pada laki-laki, mereka hanya menyimpan informasi berdasarkan kebutuhan dan keinginan mereka.

3. PEREMPUAN MENGIKAT DIRI, LAKI-LAKI LEBIH BEBAS
Dalam hubungan lawan jenis, perempuan akan mencoba mengikat dirinya dibanding laki-laki. Penjelasan ilmiahnya adalah pada ukuran bagian otak yang mengatur tentang interaksi lawan jenis pada perempuan, ternyata 2 1/2 kali lebih kecil daripada laki-laki. Brizendine menjelaskan, dari kecil, fungsi utama bagian otak yang mengatur interaksi lawan jenis pada perempuan adalah untuk menciptakan hubungan dan menjaganya agar tetap harmonis. Laki-laki juga mengarahkan hubungannya pada level itu, hanya saja mereka tidak bisa mengesampingkan hasrat seksualnya.

Yah, bagaimanapun perbedaan itu diciptakan agar manusia saling melengkapi. Asal dikomunikasikan dengan cara yang baik, pasti akan tercipta kesepahaman antara laki-laki dan perempuan.

Anda bisa mencintai orang lain tanpa memimpin mereka, tetapi Anda tidak dapat memimpin orang lain tanpa mencintai mereka :)

1 comment:

  1. "Otak wanita lebih kompleks dibandingkan dengan otak pria. Pria memiliki banyak sinapsis di daerah lobus frontalis, sedangkan wanita mempunyai lebih banyak selubung mielin." -copas dari novel. wkkkk.... XD
    lama nian saya tidak blog walking. :D

    ReplyDelete