Wednesday, March 9, 2011

review - a crazy little thing called love

Title: First Love (A Crazy Little Thing Called Love)
AKA: Sing Lek Lek Thee Riak Wa ΓΓ鼪 Ruk
Year : 2010
Genre: Romance / Comedy
Director : Putthiphong Promsakha na Sakon Nakhon and Wasin Pokpong
Country: Thailand
Audio: Thai
Subtitle: none
Starring : Mario Maurer, Pimchanok Luewisedpaiboon, Tukkie

Kayaknya emang udah jadi hal yang sangat wajar dan mendarah daging kalau cowok cakep itu pasangannya musti cewek cantik yang putih nan tinggi *well, mungkin agar termasuk kategori couple yang serasi, seimbang dan indah dilihat :)
Tetapi, ketika kita menginjak usia remaja, usia saat kita mengenal 'rasa suka' ataupun 'rasa simpati yang mungkin terlalu mendalam' kepada seseorang yang berbeda jenis dengan kita, otomatis tidak dapat dipungkiri bahwa kadang kita tidak dapat membendung perasaan itu dan kadang kita menjadi terjebak ke dalam khayalan-khayalan indah yang entah apakah itu bisa menjadi kenyataan atau tidak.

Hal itupun dirasakan oleh Nam, seorang gadis yang sedang menginjak usia remaja dan mengalami puber, dimana saat itu dia jatuh cinta pada Shone, salah seorang seniornya di sekolah (and well, that senior is her first love). Tetapi ada satu hal yang membuat Nam tidak merasa percaya diri ketika mendekati Shone.
Menurut dirinya sendiri, penampilannya sangat payah : wajah yang standar, kulit yang tidak putih, gigi yang berkawat, dandanan yang terlalu cupu, keberadaannya yang tidak populer dan seabrek kekurangan lainnya. Dan itu sangat berbanding terbalik dengan Shone yang cakep, berkulit putih, populer, smart, jago maen bola, baik hati dan tidak sombong :p

Disinilah awal dari semua cerita, agar Shone berpaling pada Nam dan menyadari keberadaanya, Nam dengan dibantu teman teman terbaiknya berusaha untuk merubah penampilannya habis-habisan. Dan bukan cuma penampilannya saja, namun Nam juga berusaha untuk mengikuti klub tari yang menurut dia bisa membuat dia agak populer. Tapi sayangnya, dia tidak bisa masuk dalam klub tersebut. Dan kemudian oleh guru Bahasa Inggrisnya, dia dan teman-temannya direkrut untuk menjadi bagian dari klub teater, dan Nam mendapat kesempatan untuk menjadi peran utama dalam pergelaran Snow White and The Seven Dwarfs (perlu diingat bahwa peran utama disini adalah Snow White, bukan ibu tirinya :D)

Peran Snow White ternyata membuat Nam menjadi lumayan poluler di sekolah, kemudian kepopulerannya berlanjut dengan kesuksesan Nam ketika menggantikan mayoret marching band sekolah yang sedang cedera (karena hal yang sangat tidak masuk akal) dan juga kesuksesannya dalam meraih rangking 1 (yang ini sebenernya karena ayahnya, ayahnya berjanji kalau Nam dapat rangking 1, maka ayahnya akan mengirimkan tiket untuk pergi ke Amerika mengunjungi ayah Nam yang membuka usaha di Amerika)

Ketika Nam terkenal dan sudah menjadi cantik, dia berharap agar Shone menjadi tertarik padanya, namun sayangnya orang yang mengungkapkan perasaan kepada Nam bukanlah Shone, melainkan Top, sahabat Shone sejak kecil.
Memang, Nam tidak menjawab secara jelas perasaan Top, tapi hubungan mereka dekat dan hal itu terjadi karena mungkin Nam berpikir akan lebih mudah dekat dengan Shone jika dia dekat dengan Top.
Namun, hal itu malah semakin lama semakin menumbuhkan kesalahpahaman antara Top dan Nam, karena Top yang menganggap kebisuan Nam adalah menjadi sebuah pernyataan kalau Nam mau menjadi pacarnya. Kemudian akhirnya Nam dengan secara jelas mengatakan bahwa dia tidak menyukai Top karena dia telah menyukai orang lain. Nam yang sedang sedih, berusaha mendekati teman-teman akrabnya yang dahulu yang agak menjauhi Nam, karena merasa Nam sudah berbeda dengan mereka, dan well friendship is beautiful, Nam yang memang tulus sayang pada teman-temannya tersebut akhirnya diterima kembali oleh teman-temannya.
Kemudian di lain pihak Top telah memaksa Shone untuk membuat kesepakatan agar Shone tidak berhubungan dengan Nam, karena dia merasa aneh jika gadis yang disukainya berpacaran dengan sahabatnya.

And then, ketika upacara kelulusan, dengan dukungan dan semangat dari teman-temannya akhirnya Nam bertekad mengungkapkan perasaannya pada Shone. Tapi ternyata Shone mengaku kalau telah jadian dengan Pin, teman sekelas sekaligus senior Nam. Nam yang patah hati segera pulang dan mengunci diri di kamar, menangis semalaman.
Kemudian, di lain pihak, Shone yang harus segera bersiap-siap untuk pergi ke Bangkok melanjutkan sekolah bola, berjalan ke kamar dan membuka sebuah buku yang ternyata berisi foto-foto Nam dari sebelum cantik sampai menjadi cantik seperti sekarang *kayak metamorfosis aja hahahahaha.
And you know guys?? That's called romantic-sweet movie. Semua bisa terjadi. Shone ternyata juga telah menyukai Nam sejak lama.. Sumpah itu scene ter sweet dalam film itu. Ketika diperlihatkan Shone membuka kumpulan foto2 itu dan membaca isinya :")

" This book is funny but it makes me know how much that you have tried (so that's what the content of this sweetest diary from a boy)
I want to tell you that you had succeeded since you began to do (see?  he's totally in love with her even she still with her ugly duck face, and i sometimes think that there's childhood memories inside maybe???)     Answered Pin that she looked the same (this scene happens where Pin makes over Nam to be beauty Snow White)
She looked the same, cute as always (see? he's really totally in love with her)
Touched her hand for the first time but I had to release it cause others would curious (when Nam fall from drama's stage)
Gave her an apple but I bit it (when the Snow White's performance has ended)
You've been better, Fight Nam! (when Nam exercise to be the mayoret's marching band)
Love can win everything especially fear (and suddenly I remember Celine Dion's Song "The Way Is It)
The first day, it was very difficult to grow, one worm (wow, imagine that the sweet-romantic-hot boy like Shone was plant white rose for you >,<)
Today, I gave the rose to Nam, I said it was from my friend, It's because I am tight-lipped (Oh Shone, if you more honest to yourself, both of you will not wait for 9 years =___=)
Today I saw Top confessed...
You know I'm hurt...
Why our time never match?
Me too, wanted you to ride on my back (it's so sweet but hurtfully scene) "
   
*yang warna merah itu tidak akan kalian temukan di buku Shone karena itu tambahan dari saya pribadi :D

9 tahun kemudian Nam telah menjadi designer terkenal dan Shone telah menjadi fotografer terkenal. Nam yang pulang dari Amerika, diundang ke sebuah acara TV yang mengundang Shone. Dan well, happy ending happens in that television show :)

cast :
Mario Maurer - Shone
Pimchanok Lerwisetpibol - Nam
Acharanat Ariyaritwikol - Top
Kachamat Pormsaka Na-Sakonnakorn - Pin


Everything that come to my mind :

1. A Crazy little Thing Called Love, sebuah film dari Thailand, yang sebenernya terlalu sweet bagi perempuan seusia saya XD .. well, itu cerita tentang anak SMP, sudah sekitar 7 tahun yang lalu, but at least that movie opened my past memories when i'm in middle school :D

2. Terus terang, saya agak iri dengan Nam, karena hey drama ini terlalu seperti itik-buruk-rupa-yang-berubah-menjadi-angsa-secara-tiba-tiba dan mendapat kebahagiaan yang selama ini diinginkan walaupun memang dia berusaha untuk itu. Well, i don't know why but now i rather hate that kind of fairytales.  Tapi tunggu, bahkan Shone menyukainya ketika dia masih menjadi itik buruk rupa, dan sampai akhir cerita saya masih gak tahu, kenapa Shone bisa menyukainya padahal kan yang menyukai Shone banyak banget (dia populer dan saya bertaruh wanita cantik yang menyukai dia banyak dan tidak mungkin semuanya bertabiat jelek kan =____=)
saya rasa sungguh ini tidak adil, ini terlalu memberikan harapan fana pada sesorang yang percaya bahwa cinta sejati itu benar-benar ada... (atau mungkin benar-benar ada? well so confusing right?)

3. Perubahan Nam sangat cepat sekali, kalau rambut mungkin dia ekstension kali ya atau mungkin juga dia memakai penumbuh rambut banyak-banyak atau gimana karena dengan cepat rambut dia sudah panjang sepinggang padahal awalnya panjang rambutnya menyentuh bahu pun tidak.
Tetapi, hey kulit dia cepat sekali berubahnya dalam waktu mungkin kurang dari satu semester!!! Padahal awalnya kulit dia berwarna gelap tapi dalam satu semester tiba2 saja kulitnya berubah menjadi putih. Apa dia pakai vitamin C? Apa dia pakai 10 kilo pemutih tiap harinya? Atau apa dia mandi susu 10 kali sehari? Atau mungkin dia langsung suntik putih agar cepat keliatan hasilnya? Atau bahkan dia melakukan operasi plastik? Atau mungkin sebenarnya dia adalah seekor ular jadi dia bisa berganti kulit?? Atau dia adalah benar-benar Snow White seperti peran dalam dramanya?
Well, saya hanya kaget, karena dia berubah terlalu cepat (=____=) dan itu menyangkut masalah kulit... Bagi tips dong, saya juga mau putih dalam sekejap ahahahahahaha XP

4. Shone. He is too sweet, romantic but abstract X)
Bayangkan ada cowok yang menanam bunga mawar putih untukmu, dan dia benar-benar merawat serta mengamati pertumbuhan bunga mawar itu hari demi hari (bahkan dia sempat memotret dan membuatnya sebagai klipping pertumbuhan-bunga-mawar-putih dari benih sampai akhirnya dicabut)..
Bayangkan, dia memotretmu diam2 dan ternyata sudah membuat buku dengan kumpulan potretmu..
Bayangkan, dia melirik dan menatapmu ketika kamu tidak mengetahuinya..
Bayangkan, kamu yang jelek dan payah ternyata disukai oleh cowok paling populer dan cakep sesekolah...
Oh My God, gimana kamu tidak berpikir dia tidak manis... gimana kamu tidak berpikir dia tidak romantis... He is so sweet and romantic :)
But he is hard to find too... so abstract, imaginary person, imaginary character :)

5. Masalah yang sederhana namun diputar balikkan sehingga menjadi cerita yang kompleks, tidak membosankan dan tidak terduga, sayangnya bagian endingnya menurut saya agak lemah, bahkan saya boleh bilang ending itu merupakan titik penghancur klimaks yang telah dibuat oleh penulis naskah... 9 tahun penantian yang saya rasa agak flat ketika menemukan sebuah akhir cerita...

6. Ini pertama kalinya saya menonton film thailand, dan saya masih agak belum terbiasa dengan logat bicara mereka dan juga bahasa mereka.. bahkan saya belum terbiasa melihat akting dari bintang2 Thailand tersebut hehehehehe *saya pernah menonton film thailand tapi sudah didubbing dengan bahasa Indonesia...

7. Entah kenapa karena yang saya tahu film Thailand identik dengan film horoor, jadi saya agak merasa kalau rumah Nam itu terlalu mistis, bahkan saya takut kalau tiba2 ada-sesuatu-yang-sebenernya-tidak-boleh-terlihat duduk di tangga rumah Nam atau bahkan sesuatu-yang-akan-membuatmu-merinding-dan-takut-setengah-mati tiba2 sudah berada di pojok kamar Nam.

8. In this movie, there is a very beautiful place... Tempat itu berwujud danau dengan jembatan gantung yang romantis... Waaahhhhh... i want to go there \(>,<)/ (so beautiful place!!!!!)
the beautiful place in this movie *you must watch the movie



9. Dalam movie ini ada cerita sangat romantis tentang cumi-cumi sampai akhirnya Shone dan Nam tidak mau memakan cumi-cumi lagi. Tetapi saya rasa saya akan tetap makan cumi-cumi itu walaupun sudah mendengarkan cerita Shone tentang cumi-cumi tersebut. Are you serious, they so delicious baby!!! :p (want to know about the squid romance stories? please watch the movie :p)

10. Saya sempat tercengang dan terheran-heran ketika melihat white ribbon gang.. Are they really exist???? Maybe yes, maybe no or maybe you??? Ahahahahahaha XDD

11. Kayaknya di Thailand buah mangga adalah sesuatu yang amat romantis. Memberi gebetan kamu buah mangga sama seperti memberi bunga mawar merah untuknya hahahahahaha.

12. Saya sempat terheran heran dengan sesuatu yang panjang dan renyah yang saya duga seperti kerupuk yang dimakan oleh Guru Inn (guru bahasa Inggris Nam) ketika mereka sedang melakukan geladi bersih. Apakah itu benar-benar kerupuk??? Atau apa??? Well, I'm really curious about this matter hihihihihihi.

13. Saya masih agak bingung dengan gerakan yang dibuat oleh Shone ketika dia berhasil mengerjakan sesuatu (gerakannya sama persis dengan gerakan ngubek2 jamur kayak yang biasa kita lihat di acara musik Indonesia). Apakah gerakan itu adalah suatu bentuk dari pernyataan kesuksesan dan keberhasilan?? Ada yang bisa memberi tahu saya?

14. Apakah motor2 yang ada di Thailand memang berbentuk lucu dan unik seperti itu? Atau karena sponsor? I think that vehicle is so cute and unique, i want have one too :) (tiba2 ingat iklan Super Junior tentang motor itu)

15. Kayaknya peps* adalah salah satu sponsor dari film tersebut. Atau apakah hanya perasaan saya aja?? Well, that brand always appears in this film :D

16. Lagu2 dalam film ini bagus2 dan sangat easy listening. I really love the soundtrack of this movie!! Tiap lagu pun sangat pas dipasang pada tiap scene film tersebut.. And i really love this song (i don't know about the tittle, singer or the lyrics, i just know about the song's meaning)

    Don't know how long is it, that i have to resist everything, hide all of the truth in my heart
    Every time we meet, every time you turn to me, that i pretend to be still
    Do you know how much I have to force myself
    Though I love you, Though I feel it
    But deep inside isn't brave enough
    Can you hear that?
    My heart is telling you, I love you
    But I can not reveal my true feeling to anyone
    Can you hear that?
    My heart is still waiting there for you to open
    And I can only hope you will know it
    That I'm the one here to love you
    I'm begging you please know it
    Someday


(lagu ini diputar pas Shone lagi membuka buku kumpulan potret Nam dan ketika Nam mengungkapkan perasaanya lagi di TV show yang mengundang mereka *kayaknya jdulnya "Someday")

17. Hmmmm, are they really in middle school? Saya malah berpikir mereka lebih pantas memakai baju2 SMA...... Terlalu dewasa untuk anak SMP kayaknya muka mereka hehehehehe....

18. Oiya kayaknya buku "9 cara menggaet senior" itu bagus ya?? Kayaknya manjur banget deh... Boleh tau gak saya bisa beli dimana?? :p :ngakakgulingguling:







Nam and Shone
BONUS PICTURE MARIO MAURER :

so cute >,<
hey Nam, i know how can not you not love him.. ahahahaha
cool mario :)
oh my god, he is too sweet
he was born on 4th Desember 88 and in this movie he get the role to be 15 years old boy... wow :p


A Crazy Little Thing Called Love ::
"All of us have someone who is hidden in the bottom of the heart. When we think of him, we will feel like ummm... always feel a little pain inside, but we still want to keep him. Even though I don't know where he is today, what is he doing. But he is the one who makes me know this crazy little thing called LOVE"

9 comments:

  1. lagu yang di nyanyiin waktu si nam nya lagi digosok2 sama temen nya itu judul nya apa sih?
    terus di ulang lagi pas si nam nya udah lulus terus mau balik ke temennya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, maaf yah baru balaaas hihihihi... udah lama hiatus blogging soalnya :)
      Judulnya Day Month Year, ini ya lagunya?
      http://www.youtube.com/watch?v=eiJxesKPSeQ
      Cek yah :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. aku mau nanya, nama jembatannya apa ya? terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya, saya kurang tau juga sih namanya apa untuk jembatannya, bisa dong doain author biar bisa keliling Thailand buat nyari nama jembatannya apa hihihi *harapharapdidoakan* *ataukalaubisadidanain* #eh..

      Delete
    2. Aku pernah kejembatan itu, tapi gtw namanya haha lokasinya di provinsi petchaburi...

      Delete
    3. Aku pernah kejembatan itu, tapi gtw namanya haha lokasinya di provinsi petchaburi...

      Delete
  4. Iya .. apa namanya .. terus tempat2 lain yg jadi setting di film itu tau gak? Mau pergi kesana rasanya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya belum tau, harus travelling ke Thailand inih kayaknya ;)

      Delete