Tuesday, March 1, 2011

situ patenggang - part 1

Huahhh, capeknyaaaaa weekend minggu kemaren :D... and yes, here we go Situ Patenggang... ^0^

Sekilas Situ Patenggang ^^
Danau Patenggang atau lebih dikenal dengan nama Situ Patenggang oleh masyarakat setempat terletak di Rancabali Bandung, dan menempati areal seluas 150 Ha. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata.Untuk menikmati objek wisata ini terdapat fasilitas perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi sebuah pulau kecil yang berada dibagian tengah danau yang bernama Pulau Sasuka. Pulau ini tampak rindang dengan banyaknya pohon-pohon tinggi yang tumbuh didalamnya. Sementara diseberang danau terdapat lokasi yang cukup menarik yang diberi nama Batu Cinta yang konon dipercayai akan memberi kelanggengan cinta bagi pasangan yang datang berkunjung kelokasi tersebut.
Perahu yang tersedia ini cukup banyak jumlahnya, dan dalam kondisi yang bagus atau terawat saat saya berkunjung kesana. Warna perahu yang cerah cukup kontras atau menyolok sekali dengan lingkungan sekitarnya yang didominasi warna hijau. Fasilitas sarana transportasi air yang disewakan di tempat ini berupa penyewaan perahu dayung, perahu boat dan sepeda air dengan harga yang masih bisa dinegosiasikan dengan pemiliknya. Terdapat pula fasilitas gazebo maupun tempat-tempat duduk tanpa atap yang terbuat dari semen untuk keperluan menikmati panorama sekitar dari tepi danau. Urusan makananpun bukanlah suatu hal yang sulit dikarenakan banyaknya warung penjual makanan yang berderet dekat dengan areal parkir.

Legenda ...
Kawasan ini memiliki sebuah legenda sehingga muncul nama Situ Patenggang. Sejarah atau mitos tentang Situ ini muncul ke permukaan disebabkan karena seorang pangeran dan seorang putri yang saling jatuh cinta. Namun perjalanan cinta mereka tidak semulus dan seindah yang dibayangkan oleh keudanya karena dipisahkan oleh keadaan. Sehingga air mata mereka membentuk sebuah situ atau danau. Selanjutnya danau itu dinamai dengan situ patenggang yang diambil dari kata pateangan-teangan yang berasal dari bahasa sunda yang artinya saling mencari-cari.
Pada akhirnya mereka dapat berkumpul kembali pada sebuah batu di situ tersebut yang diberi nama batu cinta. Konon siapapun yang pernah berkunjung dengan pasangannya, maka cinta mereka akan abadi.


kalo dipikir2 ternyata sudah ketiga kalinya saya pergi ke situpatenggang ^__^ ::

13 Juli 2010, pertama kalinya saya pergi ke Situ Patenggang. Udaranya sangat segar. Tempatnya menyenangkan *aih, i really love the nature. Dan cuaca waktu itu sangat indah dan cerah *walaupun memang sempat sedikit gerimis. I really enjoy the great view. I really enjoy the time that i spent with you ^^. 
Berjalan-jalan di tepi danau. Dan dengan waktu yang amat terbatas berusaha untuk menjelajah dan mengelilingi seluruh tempat di Danau Situpatenggang tersebut. Naik bebek air dan mengarungi danau *sumpah kaki pegel2 semua hahahahaha. Ke pulau yang ada batu cintanya *sayangnya tidak menemukan tempat buat ngelabuhin si bebek, jadi turunnya sendiri-sendiri, hiksu (T,T) .. Dan saya masih ingat permainan konyol itu *ngelempar botol air mineral ke tempat sampah... Dan saya masih ingat sibuk makan gorengan di atas danau... Dan saya masih ingat tempat kamera saya hilang dan sibuk mencarinya :ngakak: ... Dan saya masih ingat saya melihat kamu ngerokok dengan mata saya sendiri untuk kedua kalinya :ohno: ... Dan apa lagi ya?? Banyak banget lah :p
Wuaaaaa, so happy that time (>,<)... I really miss that moment... Terimakasih banget udah mau nerima request saya, nyediain waktu dan nemenin saya jalan-jalan ^^ ...Maaf ya bikin kamu capek dan sempet ngambek :p
Dan well, ini pengalaman pertama saya pergi berdua ke tempat yang memang ingin saya datangi, tempat wisata alam!!!! (^___^) ... Pemandangan pas perjalanan pun sebenernya keren banget, tapi saya lebih sibuk deg2an dan nervous :p

so beautiful, isn't it?

capture by XDDDD

hebat kan saya naek bebek sendirian *just kidding :)


31 Juli 2010, kedua kalinya saya pergi ke Situ Patenggang. Waktu itu ada beberapa temen dari Magelang yang datang dan main ke Bandung, mereka adalah Mojo, Dika dan Anda. Karena jarang-jarang mereka bisa pergi ke Bandung, akhirnya diputuskan hari minggu kita jalan2 ke tempat yang jauh kayak Kawah Putih atau Situpatenggang. Sayangnya, hanya satu, karena pakai mobil dan saya belum minum obat, akhirnya saya tepar alias mabuk darat hahaha.. sumpah malu plus gak enak banget *bisa-bisanya saya mabuk hanya dalam 2 jam perjalanan hahaha... Jadinya waktu itu saya gak terlalu menikmati pemandangan soalnya selama perjalanan saya mencoba agar tetap tidur :)
Tapi pas sama anak2 ini saya bisa foto2 di kebun teh sebelum perjalanan menuju ke situpatenggang.. wow so great...!! \\(^o^)// indah banget lah.. mual saya langsung hilang pas turun di kebun teh itu :D .. Rame banget, anaknya asik2 banget :D .. Yang ikut waktu itu ada saya, ratri, anda, bayu, chattra, dika dan mojo ^^
Kemudian pas di situpatenggang, kami naik kapal, dayung sendiri dan tiap anaknya mengeluarkan uang sebesar sepuluh ribu rupiah... Beda banget naek kapal ama naiik bebek air *yang ngedayung cowok-cowok jadinya sama sekali gak kerasa capek ahahahahahahaha :D
Terimakasih buat anak2 yang maen ke Bandung dan ngajakin jalan2... maaf ya, saya malah mabuk di jalan dan tepar hehehehehe.... Liburan yang sangat keren, bisa me-refresh otak dari kepenatan ngerjain kerjaan pas Kerja Praktek :)

bayu, saya, chattra, dika, ratri, anda

dika, anda, mojo, ratri, orang cantik *bletaakkk, bayu

mojo, dika, bayu, anda, ratri, orang cantik lagi *gubrakk








27 Februari 2011 - 28 Februari 2011, ketiga kalinya saya pergi ke Situ Patenggang, bahkan disana pun kami menginap alias menghabiskan malam :D
Bersama anak-anak GEMATIlah saya pergi. Apa itu GEMATI? Magelang Temanggung Komuniti ^^ ... Sumpah, rame bangeeeet, sekitar ada 22 orang yang datang, well, sangat sangat dan sangat menyenangkan...!!! Pemberangkatan dibagi menjadi 2 kloter dan saya termasuk di kloter 1 hari Sabtu sekitar jam 3... Kami sampai disana sekitar jam 5 sore. Dan villanya, sungguh, keren bangetlah, ada teras yang langsung menghadap ke danau ^^ 
Kemudian, sehabis membereskan barang2, saya bersama resti dan ratri jalan-jalan sebentar ke tepian danau sambil makan gorengan. Berbagai rencana sudah memenuhi otak saya waktu itu :D 
Kemudian malamnya, kami isi dengan bakar2 sate ayam, maen uno poker atau PS.. Dan tengah malamnya ada jerit malam, maksud saya acara perkenalan dan sharing-sharing dengan anak angkatan baru.. Malam itu, perut saya sakit bukan karena kembung tapi karena kebanyakan ketawa hahahahaha XD .... Saya baru bisa tidur jam setengah 4 waktu itu hehehehe...
Kemudian esoknya, kami sarapan dengan nasi goreng, dan bersiap-siap untuk jalan2 di daerah sekitar danau... Tapi sayangnya, waktu itu hujan mulu, gak berhenti berhenti. Bahkan pas agak terang lalu kami berjalan beberapa menit udah ujan lagi :(
Kemudian kabutnya tebel banget sampai gak bisa foto-foto :'(
Yah, akhirnya kami kembali lagi ke villa melanjutkan main UNO, poker atau PS, kalau tidak ya nonton TV atau sok2-an maen gitar *saya banget :P
Pas pulang sebenernya saya agak kecewa, karena anak-anak Gemati cuma bisa foto bareng di villa, padahal saya pengen foto bersama anak-anak Gemati dengan latar belakang Situ Patenggang itu... Saya berada di situ patenggang tapi seperti tidak berada di situ patenggang :p ....
Tapi walaupun saya tidak merasakan kehadiran Situpatenggang waktu itu, saya merasa sangat senang karena saya bisa tambah akrab dengan semua anak-anak GEMATI, semoga keadaan bisa terus begini, tambah dekat serta akrab antara satu dengan lainnya dan rasa kekeluargaan serta sense of belonging tetap terjaga dan makin kuat.. GEMATI!!! *cedhak ning ati!!!! \\(^o^)//
Pas perjalanan pulang, mulailah saya kepikiran suatu hal dengan camera digital saya, sayang banget kan saya udah capek2 bawa camera digital kalau gak guna atau gak ada memori di dalamnya???
Jadilah, di atas motor yang sedang melaju, saya sibuk jeprat jepret pemandangan sekaligus anak GEMATI yang melaju di jalanan... Well, pemandangannya keren banget!!!!!!! Efek sehabis hujan juga mungkin...
Wah, weekend yang menyenangkanlah... !!!!!!!
Thanks for all anak GEMATI yang sudah ikut meramaikan acara ini.. All of you were so cool guys.... Ayo, kapan kapan kita jalan jalan lagiiiii!!!! \\(^0^)//
[update foto yang tanggal terakhir nyusul ya... hihihihihihi]


wait me yaaaaaaaa ^^

No comments:

Post a Comment